Peranan Rasulullah SAW

[Tausiah Jum`at, 22/05/2015]
tulisan yang berwarna biru, dapat di klik untuk mendapatkan rujukan.
a
Ketika bertemu kembali dan usai berkabar-kabar Islami, Banas menjelaskan: “Sudah kita pahami, Agama Islam sudah ditetapkan sejak sebelum Allah س menciptakan alam semesta. Agama adalah nasehat dan Islam adalah tunduk, patuh dan berserah diri kepada Allah س. Lalu apa peranan Rasulullah ص membangun keislaman?; kita bisa mene-lusuri dari Al Qur`an dan Hadits”.
a
1. Siapa Beliau ?
a
Beliau ditetapkan sebagai Nabi/Rasul sejak diterima wahyu Nya di Gua Hira; sebagaimana difirmankan dalam QS Al `Alaq (96):1-19. Selanjutnya kita dapat mencermati firman Allah س dalam QS Al Baqarah (2):119; artinya:
a
Sesungguhnya Kami telah mengutusmu (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungan jawab) dari penghuni-penghuni neraka.
a
Dengan sangat gamblang, ayat ini menegaskan, Beliau diutus sebagai pembawa berita gembira (bagi mereka yang bertakwa) dan pemberi peringatan (bagi mereka yang kafir).
a
2. Beliau Pembawa Al Qur`an
a
Untuk mengungkap peranan Beliau sebagai pembawa Al Qur`an, mari mencermati QS An Nisa` (4):174; artinya:
a
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu, (Muhammad dengan mu`jizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur’an).
a
Ayat ini menegaskan, Beliau dibekali Al Qur`an; yaitu suatu kitab yang memancarkan cahaya yang terang benderang.
a
3. Beliau Penyempurna Islam
a
Peranan Beliau sebagai penyempurna Islam, dapat dicermati dalam QS Al Maidah (5):3; artinya (antara lain):
a
……. Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku cukupkan kepadamu nikmat Ku, dan telah Ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu. (sampai akhir ayat).
a
Dengan begitu, sejak diturunkannya wahyu ini, Islam sudah disempurnakan. Selain itu, Allah س juga menegaskan Islam diridhai sebagai agama untuk panutan semua umat.
a
4. Rasulullah ص Adalah Penutup para Nabi/Rasul
a
Allah س menetapkan Beliau sebagai penutup para Nabi/Rasul; sebagaimana difirmankan dalam QS Al Ahzab (33):40; artinya:
a
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
a
Ayat ini erat kaitannya dengan QS Al Maidah (5):3. Sebagai Nabi Penutup, pada masa Rasulullah ص Islam disempurnakan dan berlaku bagi semua umat sampai akhir zaman.
a
5. Islam Yang Disempurnakan
a
a) Sumber Hukum Islam
a
Allah س memfirmankan sumber Hukum Islam dalam QS An Nisa`(4):59; artinya:
a
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
a
Melalui ayat ini ditegaskan, Islam memiliki dua sumber hukum utama, yaitu Al Qur`an dan Sunnah Rasul atau disebut Hadits. Ketetapan ini belum pernah diwahyukan kepada Nabi/Rasul sebelum Rasulullahص .
a
b) Rukun Beragama Islam
a
Arti rukun adalah persyaratan yang harus dipenuhi; bila kita menyebut Rukun Islam, artinya persyaratan bagi manusia jika ia menganut Agama Islam. Ketetapan rukun berislam, dapat dicermati dari suatu Hadits:
a
Abu Hurairah رعنهُ mengisahkan, pada suatu hari, Nabi ص sedang bersama para sahabat, lalu datang Malaikat Jibril ع. Lalu bertanya: “Apakah iman itu?” Nabi ص menjawab: “Iman adalah kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat Nya, kitab-kitab Nya, Rasul-Rasul Nya, dan beriman pada hari berbangkit”.
(Jibril ع) berkata: “Apakah Islam itu?” Nabi ص menjawab: “Islam adalah kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dengan suatu apapun, kamu dirikan shalat, kamu tunaikan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa di Bulan Ramadlan”. (sampai akhir Hadits).
a
Oleh para fuqaha, jawaban itu ditetapkan menjadi Rukun Iman dan Rukun Islam sebagai penyempurna Islam. Sesudah yang bertanya meninggalkan Nabi ص dan para sahabat, lalu ada sahabat yang bertanya, siapa orang itu; maka Nabi ص bersabda: “Dia adalah Malaikat Jibril datang kepada manusia untuk mengajarkan agama mereka (manusia)”. (HR. Bukhari, #48).
a
c) Penutup Bangunan Islam
a
Maksud Bangunan Islam adalah Islam sebagai agama, yang didalamnya terfapat Rukun Islam dan Rukun Iman. Adapun peranan sebagai Penutup Bangunan Islam, diriwayatkan dalam Hadits:
a
Abu Hurairah رعنهُ mengisahkan, Nabi ص bersabda: “Perumpamaanku dan nabi-nabi sebelumku seperti seseorang yang membangun suatu rumah lalu dia membaguskannya dan memperindahnya kecuali ada satu labinah (tempat lubang batu bata yang tertinggal belum diselesaikan) yang berada di dinding samping rumah tersebut”.
Lalu manusia mengelilinginya dan mereka terkagum-kagum sambil berkata: “Duh, seandainya ada orang yang meletakkan labinah (batu bata) di tempatnya ini”.
Beliau bersabda: “Maka akulah labinah itu dan aku adalah penutup para Nabi”.
(HR. Bukhari, #3271).
a
Hadits ini menjadi pamungkas penegasan, Rasulullah ص adalah Penutup Nabi dan Penyempurna Islam”.
a
Usai berkata begitu, keduanya berpisah dan saling berucap salam.¤
a
Sekian, semoga bermanfaat dan barokallah, Insya Allahu Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>