Keharusan Membaca Al Qur`an

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
ا سَّلآمُ عَلَيْكُمْ وَرحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
a
WASIAT.ku #1
Rasulullah ص bersabda, ah س menyenangi hamba Nya yang beramal saleh secara ajeg, walau takarannya sedikit; [HR Bukhari, #5413, dan 16 HR lain]. Salah satu amalan saleh adalah membaca Al Qur`an; berikut ini WASIAT.ku, yaitu terkait dengan Keharusan Membaca Al Qur`an. Insya Allah bermanfaat.
a
a
Sebagai penyemangat, ada baiknya dicermati sabda Rasulullah ص: “Sesungguhnya Al Qur`an adalah jamuan Allah; maka pelajarilah dari jamuan Nya (itu) semampu kalian. Dan sesungguhnya Al Qur`an adalah tali Allah, cahaya yang terang dan obat yang bermanfaat. Perlindungan bagi orang yang berpegang teguh dengannya dan keselamatan bagi orang yang mengikutinya. Ia tidak pernah menyimpang hingga harus dicela, dan tidak pernah bengkok hingga harus diluruskan. Keajaibannya tidak pernah habis dan tidak akan membuat bosan karena banyaknya pengulangan”. [HR Ad Darimi, #3181 + 1 HR lain].
a
Dalam Hadits ini Allah س menegaskan kedudukan Al Qur`an bagi manusia dalam berkehidupan. Al Qur`an adalah jamuan; karenanya, harus dipelajari kandungan hidangannya; ia adalah tali Allah س yang mempertautkan Dia dengan para hamba Nya; ia adalah cahaya terang untuk mengentaskan dari kegelapan; ia juga menjadi obat. Al Qur`an tidak pernah bengkok; ia tidak membosankan dibaca walaupun firman Nya banyak diulang-ulang.
a
Misalnya, perintah berbuat baik kpd ibu-bapak; difirmankan 8 kali [QS Al Baqarah (2):83; An Nisa` (4):36; Al An`am (6)151; Al Isra` (17):23; Al Ankabut (29):8; Lukman (31):14; Al Ahqaf (46):15. Ayat-ayat ini telah berulang kali kita baca, Insya Allah sama sekali tidak membosankan.
a
Bagi yang menyenangi membaca Al Qur`an, Insya Allah dapat meraih fadilah:
a
aaRasulullah ص bersabda: “Setiap satu huruf yang dibaca, mendapat sepuluh pahala kebaikan; jika terbata-bata berhak meraih dua”; [HR Ibnu Majah #3769 + 5 HR lain serta HR Ad Darimi #3181 + 1 HR lain]. Dalam Al Qur`an terdapat 323.015 huruf; artinya, sekali khatam dapat meraih lebih dari 3 juta pahala. Hitunglah berapa pahala dari pembacaan Al Qur`an selama ini? Walau tidak harus menghitungnya; sebagai pemacu saja.
aaDi Hari Pangadilan, dibariskan bersama malaikat muqarrabin; [HR Ibnu Majah #3769 + 6 HR lain].
aaBila mengkhatamkan ketika waktu Maghrib, malaikat memohonkan ampun sampai pagi. Jika khatamnya Subuh, mereka memohonkan ampun sampai malam; [HR Ad Darimi #975 + 1 HR lain].
aaKelak, Allah س memberi Mahkota Kemuliaan sebagai ijabah yang dimohonkan oleh Al Qur`an yang telah dibaca; [HR Ad Darimi #3179].
a
Beberapa WASIAT.ku ini, mudah dipahami dan dapat menjadi rujukan amalan; mari menunaikan. Semoga barokallah; Insya Allahu Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>